[Tips Menulis] Mengenal Editor


[Tips Menulis]
Mengenal Editor

Selama ini, kita hanya mengenal atau mendengar kata editor. Sebetulnya, editor itu jenis mahluk apa, sih? Saya coba tulis pengertian editor secara bebas yang selama ini saya tahu.


Editor Akuisi, adalah editor dalam sebuah penerbitan yang kerjaannya cari naskah. Biasanya dia sering dapat jabatan sebagai Penanggung Jawab Lini atau Editor In Chief. Dia yang selama ini menghubungkan antara penulis dengan penerbit, yang membuat naskah para penulis lolos saat rapat redaksi, jadi dekat-dekatlah dengan dia supaya kita bisa memperoleh banyak informasi tentang buku yang sesuai dengan kebutuhan penerbit.
Editor Developmet, adalah editor dalam sebuah penerbitkan yang kerjaannya mengonsep naskah mentah yang sudah dinyatakan lolos seleksi melalui berbagai tahap penyeleksian. Bagaimana rencana desain cover dan isinya, jumlah halaman, dan sebagainya supaya menjadi naskah yang punya nilai jual tinggi. Editor Devlopment biasanya akan sering berhubungan dengan para desainer, ilustrator, layouter, dan bagian artistik lainnya.
Copy Editor, adalah editor yang kerjaannya membuat naskah mentah menjadi naskah yang enak dibaca dan dikunyah target pembacanya. Tanpa Copy Editor, naskah-naskah buku bagus yang selama ini kita baca hanyalah menjadi naskah yang mungkin akan membuat kita mumet membacanya. Banyak sekali contohnya, bahkan penulis berkelas yang sekarang kita kenal di dunia kepenulisan sekarang ini.
Asisten Editor, adalah editor yang kerjaannya menyelaraskan setiap kata dan kalimat yang telah dirangkai penulis. Dia biasanya akan menghapus huruf A yang terselip di sela-sela kata yang salah, atau bahkan menambahkannya. Mana menempatkan huruf kecil dan huruf besar yang benar, dan sebagainya. Asisten Editor sering disebut Proofreader.
Demikian terjemahan bebas tentang mahluk bernama editor dalam sebuah penerbitan. Mau diskusi? Hayuk ... barangkali ada yang punya pengertian lain, hehehe.
@alimuakhir



WinnerClass Updated at: 2/01/2013

1 komentar:

Posting Komentar