[Tips Nulis] Pentingkah Label pada email?


Memberi Label pada email Artikel atau Naskah

Sering sekali pada saat kita mengirim artikel atau naskah melalui email, kita tidak pernah berpikir untuk memberi label yang mudah dilihat atau dicari oleh redaktur atau editor. Akibatnya, artikel atau naskah yang kita kirim lama tidak ada kabar. Setelah berjalan beberapa waktu, kita malah dikejar-kejar redaktur atau editor yang meminta naskah kita atau yang kita kirimi. 
Bayangkan, jika pada saat yang sama ada lebih dari lima artikel atau naskah yang telah kita kirim dan semua mengalami hal yang sama. Berapa banyak waktu yang terbuang percuma hanya karena miss communication ini? Lantas, bagaimana cara supaya hal ini tidak terjadi? Barangkali tips berikut ini bisa dilakukan.
Pertama, kasih judul paling tidak dengan empat (4) kata/ kalimat saja, tidak lebih tidak kurang. Supaya tidak terlalu panjang. Jika terpaksa harus lebih dari 4, sebaiknya disingkat supaya tetap pendek dan mudah terindentifikasi.
Kedua, setiap kata dipisah dengan garis bawah atau underscore ( _ ). Bukan apa-apa, dengan underscore judul tetap apa terbaca dengan mudah oleh penerima email.
Ketiga, jika artikel atau buku yang kirim kirim itu berseri atau ada beberapa bagian, sebaiknya diberi tanda tagar (#) dan angka yang menunjukan urutan dari serial atau bagian yang kita kirim, sehingga penerima tidak bingung.
Keempat, selalu kirim file artikel atau naskah dengan attachment, jangan sekali-sekali kirim di badan email karena teks akan berantakan dan akan ditinggalkan redaktur atau editor.
Kelima, pisahkan antara file visual (jika ada) dan file teks (naskah) dalam 2 attacment, tetapi tetap dikirim dalam satu kali kiriman. Jangan sekali-sekali kirim dalam 2 email yang berbeda karena takut tertukar.
Keenam, contoh label atau judul yang saya sarankan dan biasa saya lakukan: Artikel_Wisata_KastilHeidelberg_Alee,Wisata_KastilHeidelberg_Alee,Novel_Anak_BayanganMisterius_Alee, Jihan_Keajaiban Shalat_Tigaserangkai_#1.
Ketujuh, berdoa sebelum kirim email supaya semua dimudahkan dan apa yang kita kirim memikat redaktur atau editor.
Ini tips sederhana yang jika dilakukan akan berefek besar. Jadi, silahkan kalau mau dicoba. Nggak percaya? Coba saja.
@alimuakhir
WinnerClass Updated at: 3/06/2013

1 komentar:

Posting Komentar